Rabu, 07 Desember 2011

Pajak Bahan Bakar Akan Naik 5%




Ilustrasi. Foto: Corbis
Ilustrasi. Foto: Corbis
JAKARTA - Pemerintah berencana menaikkan pajak bahan bakar sebesar lima persen untuk membantu dana operasi dan pemeliharaan jalan raya. Rencana ini dimasukkan dalam revisi Undang-Undang (UU) Lalu Lintas Jalan Raya (LLAJ) dan sudah ditandatangani presiden.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dedy S Priatna mengatakan, tambahan pajak lima persen tersebut bagian dari peraturan baru yang disebut road fund. "Road fundakan dibebankan pada pajak bahan bakar sebagai dana operasi dan pemeliharaan," ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Pajak tersebut akan dikutip setiap kali pembelian bensin dan sebagian hasilnya akan dipakai untuk memperbaiki jalan. "Mereka yang menggunakan jalan kan merusak jalan semua," imbuh Dedy.

Dia menambahkan, hasil pungutan hanya dipakai untuk memelihara jalan, bukan sebagai dana pembangunan. Penggunaan hasil pungutan road fund ini akan diatur oleh peraturan pemerintah untuk menentukan tempat penyimpanannya. "Apakah oleh badan layanan umum (BLU) atau langsung masuk ke Departemen Keuangan," kata dia.

Dedy mencatat panjang jalan yang saat ini memerlukan perawatan sekira 35 ribu kilometer (km) dengan kebutuhan dana Rp23 triliun setahun. Sementara alokasi dana untuk pemeliharaan jalan di Indonesia hanya Rp15 juta-Rp20 juta per km setahun. Dedy menyebutkan, Departemen Pekerjaan Umum tahun ini hanya memperoleh anggaran Rp17 triliun untuk memelihara 35 ribu km jalan nasional dari kebutuhan Rp36 triliun. Akibatnya, sekira 3.000 km jalan telah habis usianya pada akhir 2009.

Direktur Bina Sistem Transportasi Perkotaan Departemen Perhubungan Elly Sinaga mengatakan, hasil pungutan road fund akan langsung digunakan untuk memperbaiki jalan. "Tidak masuk ke APBN," kata dia.

Lantaran pajak dikutip dari pembelian bahan bakar, ujar Elly, pengguna jalan yang sering menggunakan jalan automatis menyetor lebih banyak. (meutia rahmi) (Koran SI/Koran SI/ade)

3 komentar:

  1. situs IDN poker online yang sudah terkenal di Indonesia banyak sekali para penjudi online di tanah air
    https://olarik.me/community/profile/situs988poker/

    BalasHapus
  2. very interesting content, I am very happy to read your blog. I hope you can continue to write well like this.
    Don't forget to visit my website too
    https://www.ciclismointernacional.com/community/profile/situs988poker/

    BalasHapus